Home Berita Sepakbola 2 Suporter Meinggal Saat Menonton Persebaya vs Perib Bandung

2 Suporter Meinggal Saat Menonton Persebaya vs Perib Bandung

33
0
Persebaya vs Perib Bandung

Kompas-bola.com – Ditengah meriahnya Piala Presiden 2022, Persib Bandung mengungguli Persebaya dengan skor 3-1. Namun dari stadion yang sama sorak kemenangan tersebut berasal, juga datang kabar duka dari 2 supporter Persib Bandung.

Jumat Malam, 17 Juni 2022 dua suporter Persib Bandung, Sopian Yusup, anggota Viking asal Bogor dan Ahmad Solihin, Bobotoh asal Cibaduyut dilaporkan meninggal saat pertarungan laga antara Persib Bandung selaku tuan rumah melawan Persebaya pada piala Presiden 2022 Grup C yang dilaksanakan di Stadion Glora Bandung Lautan Api.

Menanggapi kejadian ini, Komite Disiplin PSSI segera melakukan investigasi terkait peristiwa meninggalnya dua suporter di Stadion Glora Bandung Lautan Api.

Ketua komisi disiplin (komdis) Erwin Tobing tidak menampik jika terdapat kelalaian petugas.

“Jika kita melihat Stadion penuh, sangat mungkin itu over capacity.” Erwin menegaskan akan mendalami asal perkara kejadian serta akan memberikan hukuman kepada oknum petugas yang lalai.

PSSI juga menegaskan bahwa mereka akan mendukung investigasi kepolisian dan segera melakukan publikasi apabila penyebab kejadian naas tersebut telah diketahui.

Dalam laporan sementara yang diterima dari panitia lokal diduga dua suporter tersebut meninggal karna terjatuh dan terinjak.

Atas kejadian tersebut Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ahmad Hadian Lukita menyatakan bahwa penyelenggaraan turnamen piala presiden 2022 akan dilaksananan sesuai dengan rekomendai kepolisian.

Ahmad Hadian Lukita mengatakan bahwa Persib Bandung terancam bermain tanpa penonton.

Sementara itu IPW atau Indonesia Police Watch mendesak Polri untuk mengusut tuntas penyebab kematian 2 suporter terserbut. Menurut IPW penyelenggara terancam pasal 359 KUHP tentang kelalian yang menyebabkan kematian.

Kejadian ini telah dikonfirmasi bukan disebabkan oleh bentrokan antar supporter melainkan membludaknya jumlah penonton. Dari kesaksian petugas banyak penonton yang nekat menerobos masuk meski tidak memiliki tiket.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung dimana dua pemuda tersebut meninggal diduga karena antrean penonton yang membludak saat ingin masuk ke stadion.

Kombes Pol Aswin menuturkan bahwa jika menurut prosedurnya penonton harus terlebih dahulu mengatre dan menunjukkan tiken untuk dapat masuk. tetapi kebanyakan penonton tidak sabar ingin segera masuk.

Beliau juga menerangkan bahwa fasilitas antreannya sudah tersedia dan ada petugas yang menghimbau untuk antre.

Selain itu Kabidhumas Polda Jawa Barat menuturkan bahwa terdapat 8 pintu akses masuk stadion yang jebol karena penonton yang membludak.

Idealnya Stadion Glora Bandung Lautan Api mampu menampung 38 ribu orang, namun menurut Ibrahin memperkirakan penonton yang hadir berkisar 40-45 ribuan orang.

Ibrahim menuturkan duduk kronologis kejadian diperkirakan karena penonton ingin segera masuk dan juga penonton yang tidak memiliki tiket memaksa masuk dengan menjebol pintu masuk stadion.

Dalam kondisi berdesak-desakain ini  disinyalir korban terjatuh dan terinjak-injak.

Kabarnya, peristiwa naas tersebut terjadi di pintu gerbang U dan V.

Lalu atas kejadian ini Erwin selaku ketua komisi disiplin PSSI menetapkan kapasistas maksimal Stadion Glora Bandung Lautan Api adalah 15.000 penonton.

Mochammad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI menyesalkan kejadian naas tersebut dan menghimbau semua pihak yang terlibat untuk lebih sigap selama penyelenggaraan Piala Presiden 2022.

Ketua PSSI Mochammad Iriawan mengutarakan turut berduka atas meninggalnya dua suporter Persib Bandung tersebut.

“Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya dua sahabat kita di Bandung. Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan”.

“Semoga kejadiaan ini tidak terulang lagi” tutur Erwin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here