Home Berita Sepakbola Filosofi Permainan Bima Sakti Untuk Timnas Indonesia

Filosofi Permainan Bima Sakti Untuk Timnas Indonesia

784
0
Filosofi Permainan Bima Sakti Untuk Timnas Indonesia
Bima Sakti

Bima Sakti bakal memulai tugasnya sebagai pelatih kepala timnas Indonesia di turnamen resmi pada Piala AFF 2018.

BERITA TERKINIPSSI telah menetapkan Bima Sakti Tukiman sebagai pelatih tim nasional (timnas) Indonesia pada Piala AFF 2018. Dipilihnya Bima tak terlepas dari faktor dia yang sudah ikut membentuk kerangka timnas dalam dua tahun terakhir bersama Luis Milla Aspas.

Luis Milla sendiri sudah tak diperpanjang kontraknya oleh PSSI, setelah kegagalan memenuhi target di Asian Games 2018. Bima selaku pelatih saat ini sebelumnya mengungkapkan dirinya masih kerap berkonsultasi dengan Milla terkait pemilihan pemain dan strategi permainan pada tiga uji coba terakhir skuat Garuda.

Tapi, kini mantan kapten timnas Indonesia itu harus bisa berjalan tanpa pelatih asal Spanyol tersebut. Yang menjadi pertanyaan, apakah filosofi permainan yang akan diterapkannya untuk timnas bakal sama dengan yang telah ditanamkan Milla?

Dalam wawancara eksklusif kepada Goal Indonesia, Bima pun memberikan penjelasan mengenai hal itu. “Filosofi saya adalah bagaimana [memanfaatkan] transisi, karena itu yang paling penting di sepakbola modern. Di Asian Games itu sudah terlihat, itulah kelebihan kita. Saat kita bertahan, saat menyerang, begitu hilang bola kita harus merebut lagi dalam waktu lima detik, sepuluh detik,” ucap Bima.

“Kami juga menyesuaikan dengan postur tubuh (pemain) kita. Karena kalau kita terus bermain dengan bola panjang, kita akan kesulitan,” tambah mantan pemain PSPS Pekanbaru ini.

Seperti diketahui, Indonesia pada Piala AFF kali ini tergabung di grup D. Dalam grup itu mereka akan menghadapi Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste. Pada laga perdana, tim Merah Putih akan menghadapi Singapura, 9 November mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here