Home Berita Sepakbola Indonesia Awali Piala Asia 2018 Dengan Bagus

Indonesia Awali Piala Asia 2018 Dengan Bagus

263
0
Indonesia Awali Piala Asia 2018 Dengan Bagus
Witan Sulaeman

Witan Sulaeman jadi aktor utama kemenangan timnas Indonesia U-19 atas Cina Taipei, pada laga Grup A Piala Asia 2018.

BERITA TERKINI – Timnas indonesia U-19 membuka petualangan mereka di kejuaraan Piala Asia U-19 2018 dengan kemenangan 3-1 atas Cina Taipei, Kamis (18/10) malam, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kemenangan ini harus didapat Indonesia dengan susah payah, karena Taipei menerapkan pertahanan solid. Indonesia sempat dibikin buntu meski sebenarnya secara kelas mereka berada di atas Taipei.

Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi puncak klasemen Grup A, dan sama-sama mengoleksi tiga poin bersama Uni Emirat Arab (UEA). Berikutnya Indonesia akan bertemu Qatar, yang dikalahkan oleh UEA, 2-1.

Babak Pertama

Indonesia langsung menggebrak lewat penetrasi yang dilancarkan oleh Asnawi Mangkualam, tadi tendangan dari pemain milik PSM Makassar itu menyasar ke jaring samping gawang dari Cina Taipei.

Kendati mendominasi penguasaan bola dan tak memberi ruan untuk Taipei untuk bereksplorasi, namun Indonesia sendiri masih buntu untuk bisa melepaskan tendangan ke gawang Taipei secara matang.

Pertahanan rapat dari Taipei benar-benar membuat timnas kita kesulitan untuk masuk ke kotak penalti. Bola-bola terobosan yang sukses masuk ke jantung pertahanan pun kerap bisa dikandaskan.

Menit 35′ lagi-lagi Asnawi melepaskan tembakan ke gawang, tapi Li Guan Pei mampu menepisnya. Pergantian dini dilakukan Taipei, dengan menukar Kenneth Huang digantikan oleh Karl Josefsson.

Tambahan waktu satu menit, dan Indonesia masih hanya bisa mengancam lewat sepakan jarak jauh. Sayangnya hal itu belum cukup untuk memberikan keunggulan, sehingga skor babak pertama 0-0.

Witan membawa kita menjauh, sekaligus memastikan kemenangan untuk Merah-Putih lewat golnya pada menit 89′. Bermula dari Egy yang menggocek-gocek kiper, Witan kemudian menyambar bola dan menjadi gol.

Babak Kedua

Paruh kedua dimulai, dan Timnas kita langsung menghentak lewat Egy Maulana Vikri, tapi tendangan pemain milik Lechia Gdańsk itu bisa ditepis oleh kiper. Bola rebound yang ia sambar hanya melambung.

Kebuntuan Indonesia akhirnya pecah pada menit 50′. Bermula dari umpan silang Witan Sulaeman dari sisi kiri, bek lawan salah mengantisipasi dan bola mengarah ke kaki Egy yang dengan mudah ia ceploskan ke gawang.

Tak butuh waktu lama untuk Taipei membalas gol dari timnas kita. Firza Andika bocor dan kemudian umpan terobosan dikirimkan pemain Taipei tanpa bisa dipotong dengan baik, Wang Chung Yu kemudian menghukumnya. 1-1.

Indonesia kembali menekan, tapi pertahanan Taipei kembali solid dengan hanya meninggalkan Will Donkin di depan. Mulai menit 67′, Taipei memasang dua pemain keturunan mereka di depan, Miguel Sandberg dan Donkin.

Suporter kembali bersorak riang selepas gol dari Witan kembali membawa negara kita unggul. Gol tercipta setelah kiper Taipei gagal menyelamatkan bola tendangan bebas, dan kemudian Witan menyambutnya. Skor 3-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhamad Riyandi; Ansawi Mangkualam, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal; Egy Vikri; Saddil Ramdani (82′ Feby Eka Putra), Rafli Mursalim (73′ Rivaldo Ferre), Witan Sulaeman (90′ Hanis Saghara).

Cina Taipei: Li Guan Pei; Hou Pin I, Kenneth Huang (38′ Karl Josefsson), Fong Shao Chi (65′ Wang Yi You), Lan Hao Yu; Tu Shao Chie, Wu Yen Shu, Will Donkin; Chiu Po Jui, Huang Jyun Wun, Wang Chung Yu (67′ Miguel Sandberg).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here