Home Berita Sepakbola Indonesia Hadapi Filipina di Piala AFF 2010

Indonesia Hadapi Filipina di Piala AFF 2010

684
0
Indonesia Hadapi Filipina di Piala AFF 2010
Indonesia vs Filipina

Totalitas pemain dan dukungan penonton bawa Indonesia lewati Filipina pada semi-final Piala AFF 2010.

BERITA TERKINI – Pada laga yang sayangnya tidak lagi menentukan langkah Indonesia di Piala AFF 2018, Merah-Putih menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11).

Filipina membutuhkan poin dari pertandingan ini untuk melaju ke babak semi-final. Indonesia berpotensi mencegah hal itu terjadi dengan bantuan dukungan penonton. Faktor ini yang pernah membantu kemenangan Indonesia saat kedua tim bertemu pada semi-final Piala AFF 2010.

Dalam dua leg semi-final yang dimainkan di Gelora Bung Karno, karena Filipina dianggap belum memiliki stadion yang representatif, Indonesia berhasil menang dengan skor identik, 1-0. Cristian Gonzales menjadi satu-satunya pencetak gol pada dua pertemuan itu.

Pada leg kedua semi-final, Goal Indonesia mencatat, penonton sudah memadati kompleks Gelora Bung Karno empat jam sebelum kick-off pertandingan. Kepadatan penonton leg kedua melebihi leg pertama. Sampai-sampai akses bis tim untuk memasuki stadion terhalang kendaraan penonton.

Jumlah penonton leg kedua yang diumumkan announcer adalah 85.000 orang. Angka yang sulit dibantah melihat setiap tribun disesaki penonton. Bahkan tribun media pun diinvasi.

Di atas lapangan, para pemain menunjukkan totalitas tinggi. Pelatih Alfred Riedl tidak menurunkan Irfan Bachdim sehingga Yongki Aribowo mendapatkan kesempatan tampil untuk kali pertama di turnamen. Itu satu-satunya pergantian susunan pemain inti yang dilakukan pelatih.

Firman Utina tampil gemilang meski mengalami sedikit cedera. “[Sebelum pertandingan] Pelatih bertanya, apa saya siap bertanding? Saya bilang, saya selalu siap. Silakan perbuat apa pun terhadap kaki saya, yang penting saya bisa bermain dan berjuang bersama anak-anak di atas lapangan,” bilangnya.

Waktu boleh berubah, tapi dua faktor ini tetap sama. Dukungan penonton dan totalitas pemain masih dibutuhkan pelatih Bima Sakti untuk menutup kampanye Piala AFF 2018 dengan kepala tegak.

Formasi line-up Indonesia di Jakarta, 2010:

Markus Horison; Zulkifli Syukur, Muhammad Nasuha, Hamka Hamzah, Maman Abdurrahman; Ahmad Bustomi, Firman Utina, Muhammad Ridwan, Oktovianus Maniani; Yongki Aribowo, Cristian Gonzales.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here