Home Berita Sepakbola Kembali ke Premiere League, Ini 6 Fakta Nottingham Forest

Kembali ke Premiere League, Ini 6 Fakta Nottingham Forest

296
0

Kompas-bola.com – Nottingham Forest dipastikan kembali ke Premier League musim depan. Klub yang bermarkas di City Ground itu berhasil lolos melalui babak play-off.

Ya, klub legendaris tersebut mampu mengalahkan Huddersfield Town 0-1 di Stadion Wembley, Senin (30/5/2022) dini hari WIB. Gol bunuh diri yang dilakukan Levi Colwill membawanya ke kasta tertinggi Premier League.

Akhirnya Nottingham Forest berhasil menyusul Bournemouth dan Fulham yang lebih dulu memastikan diri untuk maju ke Premier League. Keduanya merupakan juara dan runner-up pada Divisi Championship.

Sebenarnya Nottingham Forest adalah salah satu klub bersejarah yang berada di Inggris. Tim yang ada dibawah asuhan Steve Cooper itu menorehkan prestasi luar biasa di liga domestik hingga level Eropa.

6 Fakta Menarik Klub Nottingham Forest

Untuk tahu lebih lanjut mengenai Nottingham Forest, berikut 5 fakta menarik yang diambil dari berbagai sumber. Diantaranya adalah:

  1. Penantian 23 Tahun

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Nottingham Forest merayakan kemenangan atas Sheffield United melalui adu penalti pada leg kedua play-off semi final Championship di City Ground, Nottingham, pada Selasa (17/5/2022).

Adapun penantian ini terjadi setelah penampilan terakhir Nottingham Forest di Premier League pada tahun 1998/99 silam. Kala itu, Forest terdegradasi setelah finis di posisi 20 dengan 30 poin.

Itu artinya, Nottingham Forest harus menunggu hingga 23 tahun lamanya untuk bisa merasakan kembali atmosfer di Premier League. Dan akhirnya, penantian ini terwujud pada 30 Mei kemarin.

  1. Sempat Bermain di Divisi Ketiga

Nottingham Forest pernah turun kasta ke divisi tiga Premier League. Momen buruk itu terjadi pada tahun 2005 setelah Divisi II menjadi Championship.

Klub satu ini juga tidak langsung kembali ke Divisi II. Forest hanya mampu dipromosikan ke Divisi Championship pada 2007/08 melalui babak play-off.

  1. Disegani di Eropa

Meski bukan klub besar, Nottingham Forest memiliki prestasi yang cukup di kalangan Eropa. Klub ini pernah memenangkan Piala Klub Champions Eropa atau Liga Champions 2 kali berturut-turut.

Gelar ini pernah diraih Nottingham Forest pada tahun 1978/79 dan 1979/80. Lalu Forest juga pernah memenangkan Piala Super UEFA pada 1978/79.

  1. Sempat Ganti Pelatih

Sebelum berhasil promosi ke Premier League, perjalanan Nottingham Forest di Championship tidak semulus itu. Forest harus melalui jalanan terjal di papan bawah. Melihat hal ini, terjadi pergantian pelatih dari Chris Hughton ke Steve Cooper. Dalam asuhan Cooper, Forest mulai bangkit kembali.

  1. Juara Liga Inggris

Klub legendari ini pernah mencicipi gelar di Premier League. Pencapaian ini berhasil diraih pada tahun 1977/78, atau di era Divisi Satu. Selain itu, Forest sukses memenangkan Piala FA 2 kali dan Piala Liga 4 kali. Mereka juga memenangkan Community Shield atau Piala Super Inggris pada tahun 1978 lalu.

  1. Tundukkan Huddersfield

Sebelum sukses maju ke Premiere League, Forest finis keempat di klasemen akhir Championship. Artinya, mereka harus melalui babak play-off terlebih dahulu untuk memperebutkan tiket promo yang ada.

Menunggu 23 tahu, kesempatan itu tidak disia-siakan. Mereka menghadapi Huddersfield dengan tingkat percaya diri yang tinggi. Forest mampu menangani tekanan dengan baik dan bermain bagus untuk mengalahkan lawan.

Sedangkan Huddersfield sendiri tidak dapat memberikan perlawanan yang sesuai. Alhasil, Forest pantas keluar sebagai pemenang dengan penampilan yang meyakinkan.

Tidak bisa dipungkiri, kompetisi satu ini memang jauh berbeda. Namun, setelah 23 tahun berlalu, akhirnya Forest bisa kembali ke Liga Inggris.

 

Deskripsi: Nottingham Forest dipastikan kembali ke Premier League musim depan. Klub yang bermarkas di City Ground itu berhasil lolos melalui babak play-off.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here