Home Sepakbola Liga 1 Peringkat Ketujuh di ASEAN

Liga 1 Peringkat Ketujuh di ASEAN

64
0
Liga 1 Peringkat Ketujuh di ASEAN
Gojek Traveloka Liga 1

Thailand menduduki posisi pertama untuk kawasan ASEAN sekaligus kedelapan Asia, sedangkan Liga 1 menduduki peringkat ketujuh.

BERITA TERKINI¬†–¬†Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) telah merilis daftar peringkat kompetisi domestik negara anggota mereka dengan termasuk di antaranya Liga 1 Indonesia.

Yang mengejutkan, untuk kawasan ASEAN, kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional tersebut hanya menduduki posisi ketujuh dari sembilan liga yang mendapat penilaian dari AFC.

Liga 1 hanya memiliki 4.100 poin sepanjang 2018. Jumlah tersebut kalah jauh dari liga utama Thailand, Thai League (T1) yang menempati urutan pertama dengan mengoleksi 16.200 poin.

Pencapaian itu juga terpaut cukup jauh dari Malaysia (3.633) dan Filipina (5.195) yang mengalami peningkatan drastis selama setahun terakhir dan masuk ke jajaran tiga besar ASEAN.

Penilaian yang dilakukan AFC ini didasari oleh penjumlahan ranking FIFA tim nasional plus performa klub negara yang bersangkutan di kompetisi antarklub Asia yang terus diperbarui setiap tahunnya.

Di level Asia, Tiongkok dengan kekuatan finansial Chinese Super League (CSL) mereka mengambil alih posisi pertama dari Korea Selatan (K League) yang melorot ke posisi ketiga karena juga dilewati Qatar Stars League (QSL).

Setelahnya berurutan ada UEA (Arabian Gulf League), Iran (Persian Gulf Pro League) dan Jepang (J.League).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here