Home Berita Sepakbola Pep Guardiola Mendesak Fans Pakai Masker Selama ke Stadion

Pep Guardiola Mendesak Fans Pakai Masker Selama ke Stadion

236
0

Kompas-bola.com – Masalah Covid masih belum berhenti, di semua negara dunia. Pep Guardiola bahkan meminta fans yang datang mengunjungi stadion dan menonton pertandingan tetap memakai masker. Hal ini lantaran, sudah banyak pertandingan yang batal digelar karena masalah Covid.

Dalam laga-laga EPL belakangan ini, mungkin fans bola mengira kalau Inggris sudah bebas dari masalah Covid. Namun pada nyatanya, tidak seperti itu. Penyebaran virus lewat pertandingan sepak bola juga tidak bisa dibilang sedikit, bahkan banyak pemain yang jadi korbannya.

Karena Covid ini juga, ada pertandingan yang batal digelar karena tim yang kekurangan pemain dan semacamnya. Hal ini yang lantas membuat manajer Manchester City, Guardiola, meminta agar fans segera mendapat vaksinasi dan selalu memakai masker di stadion.

Guardiola kehilangan ibunya karena virus ini di tahun lalu dan tidak ingin melihat kejadian yang sama lagi untuk orang lain. Belum lagi kalau terlalu banyak pemain yang jadi korban, pertandingan tidak akan bisa digelar dan penonton tidak bisa menikmati sepak bola lagi.

Pep Guardiola Meminta Fans Selalu Menggunakan Masker Agar Stadion Dibuka

Pep Guardiola percaya kalau masker seharusnya diwajibkan di semua ruang publik agar game EPL dan olahraga lain tidak akan ditutup, begitu juga dengan stadionnya. Masalah Covid sangat mempengaruhi jalannya pertandingan belakangan ini, termasuk ke pemainnya.

Di Inggris, masker hanya wajib di ruang indoor atau tertutup. Tetapi Pep Guardiola ingin kalau pemerintah mempertimbangkan kewajiban masker di semua ruang publik agar fans tidak harus mengidap penyakit yang ditimbulkan akibat persebaran virus Covid yang cepat.

“Saya tidak akan menyuaki regulasi ini, Anda tidak bisa membayangkan bagaimana cara orang berperilaku. Tetapi kasus Covid di dunia, tidak hanya di Inggris, sangat berpotensi semakin bahaya karena tidak memakai masker, bahkan di dalam stadion”, ucap Pep soal Covid.

“Ini adalah sesuatu yang paling membuat saya terkejut. Di jalanan, mall, tempat pembelajaran, semua orang tidak memakai masker. Padahal ilmuan menekankan kalau masker adalah proteksi yang paling penting sembari memiliki hand sanitisers”, sambung pelatih MC itu.

Dia juga membandingkan dengan Spanyol yang tetap mewajibkan pemakaian masker, bukan hanya di indoor, tetapi juga outdoor, dan bahkan di jalanan juga wajib. Pep Guardiola juga sadar kalau semua yang hadir ke stadion sudah vaksinasi, tetapi masker tetap penting.

Sudah ada 12 Pertandingan EPL yang Ditunda Karena Masalah Covid

Yang dibicarakan oleh Pep jelas tidak salah. Inggris menjadi salah satu negara dengan kasus Covid yang sedang meningkat pesat. Pemain liga Inggris sendiri juga yang menjadi korban dan membuat beberapa match terpaksa harus dibatakan untuk sementara waktu.

Sebanyak 12 pertandingan kini sudah resmi ditunda karena perjuangan Inggris melawan rekor kasus Covid masih buruk. Masalah varian Omicron menyebabkan angka dan jumlah pengidap Covid bertambah dan klub EPL harus mengistirahatkan pemain yang jadi korban Covid.

Liverpool menghadapi Leeds dan Watford melawan Wolves adalah dua pertandingan terbaru yang harus ditunda untuk sementara waktu karena masalah Covid. Sehingga secara total, ada 12 pertandingan yang harus ditunda dulu hingga waktu yang belum ditentukan.

Masalah Covid di pertandingan sepak bola juga tidak hanya terjadi di Inggris. Argentina, Brazil, dan banyak negara di Amerika selatan harus berjuang membatasi persebaran Covid. Di Spanyol, memang belum ada pertandingan yang ditunda, tetapi klub sangat kesulitan.

Covid-19 masih menjadi masalah bagi semua sektor. Kondisi yang menimpa pemain itu bisa saja membahayakan banyak orang, atau membuat performa tim menjadi turun. Sehingga Pep menyarankan para fans yang datang ke stadion selalu pakai masker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here