Home Berita Sepakbola Sebaran Uang Hadiah Liga Champions 2017/18

Sebaran Uang Hadiah Liga Champions 2017/18

351
0
Sebaran Uang Hadiah Liga Champions 2017/18
Real Madrid

Real Madrid menjadi klub paling banyak memperoleh pemasukan selama Liga Champions musim 2017/18 dan diikuti AS Roma serta Liverpool.

BERITA TERKINIReal Madrid menjadi klub yang paling banyak meraup pendapatan selama Liga Champions musim 2017/18.

Klub super asal Spanyol itu tidak hanya berhasil merebut gelar juara, tetapi juga mengumpulkan total €88,65 juta. Liverpool, yang menjadi runner-up, memperoleh €81,28 juta. Jumlah itu masih lebih sedikit dibandingkan semi-finalis AS Roma yang mampu meraup €83,8 juta.

Total dana yang dibayarkan UEFA kepada para klub partisipan adalah sebesar €1,4 miliar. Dana yang dibagikan UEFA sudah mencakup pemasukan penjualan tiket serta paket hospitality final Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Super Eropa.

Sebanyak €50 juta dibagikan kepada 20 klub yang ambil bagian di fase play-off. Setiap klub yang berhasil melangkah ke fase grup berhak atas pendapatan sebesar €2 juta. Klub yang gagal di babak tersebut dan harus bertanding di Liga Europa menerima €3 juta.

Uang partisipasi klub di fase grup adalah €12,7 juta dengan bonus penampilan sebesar €1,5 juta untuk setiap kemenangan dan €500 ribu untuk hasil imbang. Melangkah ke babak gugur, bonus tiap fase adalah berturut-turut €6 juta untuk babak 16 besar, €6,5 juta untuk perempat-final, dan €7,5 juta untuk semi-final.

Juara berhak atas uang hadiah sebesar €15,5 juta, sedangkan runner-up membawa pulang €11 juta.

Di luar itu, klub berhak pula atas pendapatan dari market pool atau hak siar televisi yang didapat dari setiap negara yang menayangkan pertandingan Liga Champions. Tiga klub Italia: Roma, Juventus, dan Napoli total mengumpulkan lebih dari €115 juta — jumlah terbanyak di antara negara lain. Empat klub peserta asal Inggris, misalnya, “hanya” mampu mengumpulkan €103,5 juta.

UEFA juga mengumumkan pembagian uang hadiah Liga Europa. Arsenal menjadi klub peserta yang menerima pendapatan paling besar, yaitu sebanyak €37,7 juta. Sebagian besar pendapatan itu berasal dari market pool dengan jumlah mencapai €28,9 juta.

Juara Liga Europa musim lalu, Atletico Madrid, total hanya memperoleh €16,1 juta — sudah termasuk uang hadiah juara sebesar €6,5 juta. Namun, jika dihitung dengan pemasukan yang mereka dapat pada partisipasi Liga Champions (Atletico gugur di fase grup), jumlahnya menjadi sebesar €47,8 juta.

Di luar uang hadiah Liga Champions dan Liga Europa, UEFA juga membagi pendapatan ke asosiasi anggota melalui skema biaya solidaritas (solidarity payment). Ini merupakan sebagian pendapatan dari dua kompetisi antarklub tersebut yang dialokasikan khusus dengan jumlah sebesar €125,4 juta.

Sebanyak 80 persen dari jumlah tersebut diberikan ke asosiasi negara yang memiliki setidaknya satu klub peserta kompetisi antarklub Eropa, sedangkan 20 persen sisanya untuk asosiasi yang tidak memiliki satu pun klub peserta.

Asosiasi Inggris mendapat pemasukan terbesar dengan jumlah €13,6 juta dan diikuti Italia sebesar €11,6 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here