Home Berita Sepakbola Shin Tae-Yong Gembleng Timnas : Larang Sosial Media Sampai Uji Coba Lawan...

Shin Tae-Yong Gembleng Timnas : Larang Sosial Media Sampai Uji Coba Lawan TOP 100 Dunia!

77
0
Shin Tae-Yong Gembleng Timnas

Kompas-bola.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin membawa timnya ke level yang lebih tinggi. Ia meminta PSSI mencari lawan uji coba peringkat 50-100 dunia.

Timnas Indonesia baru saja mengalami peningkatan rangking FIFA. Berdasarkan ranking FIFA 23 Juni 2022, Skuad Garuda Indonesia naik empat peringkat menyalip Singapura , Taiwan dan Myanmar.

Target PSSI dan Shin Tae-yong bagi timnas Indonesia untuk bertanding melawan tim-tim top 100 FIFA cukup masuk akal. Selain untuk persiapan Piala Asia 2023, laga tersebut juga akan mempengaruhi perolehan poin Timnas Indonesia di peringkat FIFA.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong meminta para pemainnya untuk mengurangi aktivitas di media sosial. Hal itu agar para pemain Timnas U-19 Indonesia fokus untuk meningkatkan performanya, termasuk mendapatkan hasil positif saat melawan Timnas U-19 Korea Selatan pada Jumat (25/3/2022) pukul 13.30 WIB.

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan sejak 12 Maret 2022. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan berlatih di tanah air Shin Tae-yong hingga 15 April 2022.

Berbagai uji coba masuk dalam agenda Timnas Indonesia U-19. Beberapa hari lalu, Selasa (22/3/2022), tim Merah-Putih menjalani laga uji coba pertamanya melawan Yeungnam University dan kalah 1-5.

Di pemusatan latihan ini, Shin Tae-yong benar-benar menggembleng timnya untuk lebih spartan di lapangan. Kualitas mereka diharapkan meningkat karena mereka akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Oleh karena itu, pelatih yang pernah melatih Son Heung-min di timnas Korsel itu ingin para pemain muda Indonesia lebih fokus menjalani pemusatan latihan. Dia tidak ingin gangguan di luar lapangan mengganggu mereka, seperti penggunaan media sosial yang berlebihan.

Dalam rangking terbaru FIFA yang dirilis Kamis (23/6), Timnas Indonesia naik ke peringkat 155 dengan mengantongi 1.019,19 poin. Indonesia naik empat peringkat dari posisi sebelumnya.

Pencapaian ini tak lepas dari keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala Asia 2023. Skuad Garuda lolos ke ajang tersebut setelah menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik di babak kualifikasi dengan meraih 6 poin dari tiga pertandingan.

Berkat kecemerlangan itu, Timnas Indonesia berhak menyegel satu tempat di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 16 Juni – 16 Juli 2023.

Pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia menang atas Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0). Sementara itu, pertandingan lain melawan Jordan (0-1) berakhir dengan kekalahan.

“Saya Masih mencoba berkomunikasi dengan PSSI untuk mencari tim ber-peringkat 50 hingga 100,” kata Shin Tae-yong, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6) malam WIB.

Timnas Indonesia mencatatkan dua kemenangan dan satu kekalahan di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda mampu mengalahkan Kuwait 2-1 dan Nepal 7-0, namun kalah 0-1 dari Yordania.

Timnas Indonesia tangguh merayakan gol Elkan Baggott ke gawang Nepal pada laga ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/06/2022) dini hari WIB.

Merujuk pada pernyataan Shin Tae-yong, sejumlah negara peringkat 50-100 dunia bisa menjadi calon lawan uji coba timnas Indonesia. Ada Pantai Gading, Venezuela, Gabon, hingga Uganda yang masuk dalam daftar.

Meski begitu, Timnas Indonesia idealnya berlatih sparring melawan negara-negara Asia berdasarkan pertimbangan jarak dan karakteristik lawan yang akan dihadapi di turnamen-turnamen selanjutnya.

Negara-negara seperti Oman, Bahrain, bahkan Vietnam bisa menjadi lawan uji coba yang mumpuni bagi Skuad Garuda untuk berpeluang mendongkrak poin di rangking FIFA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here