Home Berita Sepakbola Tradisi Medali Indonesia di Sea games 2017-2021

Tradisi Medali Indonesia di Sea games 2017-2021

20
0

Kompas-bola.com – Perlu diketahui bahwa Timnas Indonesia u-23 telah mendapatkan medali perunggu sea games 2021. Hal tersebut didapatkan setelah mengalahkan Malaysia dan ini menandakan Garuda sekali tiga besar sejak 2017 lalu, lagi perebutan posisi ketiga juga dimenangkan lewat drama adu penalti Timnas.

Apa Tradisi Medali Indonesia di Sea games 2017-2021?

  1. Tradisi Medali

Adu penalti tersebut dimenangkan oleh Timnas u-23 setelah kedua tim tersebut bermain imbang 1-1 dalam waktu normal yang telah ditentukan oleh peraturan sepak bola. Pastinya medali perunggu menjadi hiburan untuk tim nasional u-23 yang sebenarnya ditargetkan medali emas di pertandingan.

Terlepas dari itu semua Timnas u-23 menjaga tradisi yang selalu meraih sepak bola SEA games dan meraih medali perunggu. Telah menjadi tiga edisi terakhir Indonesia selalu menempati posisi 3 besar yakni sejak tahun 2017 sampai tahun 2021 yakni tahun kemarin dan tentunya ini kebanggaan terbaik

Pada tahun 2017 lalu Timnas u-23 telah mengalahkan Myanmar yakni dengan skor 3-1 lalu mengalahkan Vietnam di final SEA games 2019 sehingga mendapat medali perak pada saat itu. Dan pada saat ini Indonesia meraih medali perunggu dengan mengalahkan Malaysia di Sea games 2021.

Perlu diketahui bahwa sebelum tahun 2017 Madani sepak bola SEA games ini terakhir didapatkan pada 2013 yakni medali perak. Sementara pada tahun 2015 sendiri Ki Indonesia kalah kalah telak dari Vietnam di perebutan medali perunggu oleh karenanya pada tahun 2015 Indonesia tidak dapat.

Sejak tahun 2017 pula Asnawi selalu menjadi bagian Timnas Indonesia dan mereka juga mendapatkan medali sepak bola SEA games pada 2017-2021. Asnawi sendiri adalah salah satu pemain termuda pada tahun 2017 yang dibawa ke Timnas Indonesia u-22.

Pada saat itu tentunya belum banyak mendapatkan kepercayaan secara reguler namun Asnawi telah membuktikan bahwa dia pantas untuk menjadi bagian dari Tim Nasional Indonesia di permainan sepak bola yang diselenggarakan setiap tahun ini.

  1. Dikalahkan Vietnam

Seperti pada saat berita yang beredar sebelumnya bahwa Timnas Indonesia usia 22 tahun telah dikalahkan Timnas Vietnam u-22 dengan skor telak. Perlu diketahui bahwa Evan Dimas juga gagal meraih medali emas Sea games di tahun 2019 sementara Saddil telah bersinar di SEA games pertama

Saddil juga ikut mencetak satu gol ketika Timnas mengalahkan Filipina di salah satu pertandingan sepak bola reguler. Keduanya masih dipanggil Indonesia dalam dua edisi SEA games selanjutnya karena ada tiga pelatih berbeda yang menangani Indonesia adalah 3 edisi tersebut.

Salah satunya adalah pelatih tersukses untuk Indonesia di Sea games 2017-2021 karena juru taktik yang satu ini nyaris mengantarkan juara. Walau pada akhirnya hanya dapat mempersembahkan medali perak karena Luis Milla nyaris menjadi pelatih timnas Indonesia lagi setelah SEA games 2019.

Pada saat itu dia bersaing dengan Shin Tae-yong, yang pada akhirnya PSSI memilih yang lain ketimbang Luis Milla. Salah satu alasannya karena pelatih asal Korea ini berjanji akan mempersembahkan juara Piala AFF dan medali emas Sea games pada pertandingan sepak bola yang akan datang.

Sayang tinggal janji saja karena Timnas u-23 malah tak lolos ke final karena sekedar menyamai catatan Indra juga gagal dilalui oleh pelatih Indonesia saat ini. Terlepas dari itu semua pelatihan saat ini setidaknya lebih baik jika dibandingkan dengan Luis Milla.

Hal ini karena Indonesia sukses mengalahkan Malaysia di bawah asuhan pelatih yang satu ini sementara tim Luis Milla takluk Di negeri Jiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here